Brief Summary

Read full entry

Ekologi dan Pemanfaatan Himerometra Robustipinna

Himerometra robustipinna (Carpenter, 1881) dapat hidup di dasar perairan laut lepas, terutama yang bersubstrat keras dan berarus relatif kuat. Ekosistem terumbu karang merupakan habitat yang paling umum untuk sebagian jenis lili laut termasuk Himerometridae. Pada ekosistem terumbu karang, biota ini biasa menempati daerah tubir dan lereng terumbu. Beberapa persyaratan habitat biota ini ialah arus lokal relatif kuat, perairan yang jernih, tersedianya plankton yang cukup dan terlindung dari hempasan ombak yang kuat menyebabkan Himerometra robustipinna disebut juga sebagai biota yang sebarannya sangat ditentukan oleh kualitas habitat. Selain itu biota ini mempunyai respon negatif terhadap cahaya yang kuat (Fell 1966). Kaki cengkram atau cirrus Himerometra robustipinna memiliki panjang 1 cm – 4 cm untuk jenis-jenis lili laut yang hidup di terumbu karang. Namun untuk jenis-jenis tertentu yang hidup berlindung di dalam koloni karang batu kaki cengkram ini bias sangat tereduksi atau hilang sama sekali.

Hadir atau absennya spesies Himerometra robustipinna di suatu ekosistem terumbu karang tidak memberikan dampak yang berarti, tetapi secara langsung dapat memengaruhi populasi plankton di terumbu karang tersebut, dan secara tidak langsung dapat memengaruhi populasi ikan karang dan biota bentik di terumbu karang tersebut (BIRKELAND 1989). Biota ini masih belum banyak diteliti dan belum dimanfaatkan maksimal. Beberapa pemanfaatan yang sudah dilakukan yaitu ekstraksi terhadap biota lili laut untuk mendapatkan zat antioksidan. Status IUCN biota tersebut adalah tidak terevaluasi. Belum ada pengelolaan khusus terhadap spesies ini karena jumlahnya yang banyak dan tersebar luas di perairan tropis. Penelitian lebih lanjut terhadap biota ini sangat diperlukan untuk menguak pemanfaatan ekonomis atau sebagai bahan dasar produk tertentu.

Unreviewed

Creative Commons Attribution 3.0 (CC BY 3.0)

© Himerometra AH Clark, 1907

Supplier: Nabil Balbeid

Belongs to 0 communities

This taxon hasn't been featured in any communities yet.

Learn more about Communities

Disclaimer

EOL content is automatically assembled from many different content providers. As a result, from time to time you may find pages on EOL that are confusing.

To request an improvement, please leave a comment on the page. Thank you!