IUCN threat status:

Not evaluated

Brief Summary

Read full entry

Synanceia verrucosa

Ikan batu, Synanceia verrucosa, adalah ikan karnivora (hewan pemakan daging) yang memiliki duri-duri beracun di punggungnya, tinggal di dasar terumbu karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan ini merupakan ikan paling beracun di dunia, sangat berbahaya bahkan bisa mematikan manusia.

Ikan ini memiliki panjang sekitar 30-40 cm, terdapat di sepanjang dekat pantai lautan Indo-Pacific. Jika manusia menginjak ikan batu yang mirip batu karang ini, maka tak ayal lagi kaki akan terkena sengatan dan kemasukan racun yang berasal dari duri-durinya. Kejadian sengatan racun dari ikan batu ini tidak saja terjadi di dalam air laut, namun bisa juga terjadi di pantai, karena ikan batu bisa bertahan hidup selama 24 jam di daratan. Sering kali orang tak mudah melihat ikan batu ini, karena bentuknya mirip batu atau karang (berkamuflase). ikan batu banyak ditemukan di padang lamun dan biasanya bersembunyi di atas substrat berkamuflase seperti batu.

Sumber: Wikipedia.

Unreviewed

Creative Commons Attribution 3.0 (CC BY 3.0)

© muqta

Supplier: muqta

Belongs to 1 community

Disclaimer

EOL content is automatically assembled from many different content providers. As a result, from time to time you may find pages on EOL that are confusing.

To request an improvement, please leave a comment on the page. Thank you!